Jefar Seorang Penulis Imajinasi

Contoh Skenario Film Pendek Persahabatan

7 min read

naskah Skenario Film drama Meraih Mimpi

Dalam postingan kali ini, saya akan membagikan Contoh Skenario Film Pendek Persahabatan semoga bisa menjadi referensi Anda yang membutuhkan.

Baiklah, inilah…

Contoh Skenario Film Pendek Persahabatan

Premis & Sinopsis

Ide Pokok      : Kisah cerita cinta segitiga yang berakhir dengan persahabatan.

Tema              : Setiap keingingan tidaklah selalu sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

 

Sinopsis         

            Film ini menceritakan tentang kisah tiga orang remaja yang sedang dimabuk asmara, Dini, Indah, dan Arie. Cerita cinta segitiga pun menyinggahi perjalanan cinta mereka. Dini dan Indah yang merupakan sahabat sejak duduk di bangku kuliah, harus diuji kesetiaan persahabatannya dengan kedatangan Arie di tengah-tengah mereka. Arie adalah seorang cowok yang penuh pesona dan pernah menaruh hati kepada Dini, tetapi tidak dihiraukan.

            Seiring waktu berjalan, perasaan Arie kepada Dini pun mulai memudar dan hilang. Di saat itulah, Dini mulai menyadari perasaannya yang sebenarnya, bahwa ia menyayangi Arie, namun sekarang telah terlambat. Dini pun bercerita kepada Indah tentang perasaannya kepada Arie dan berharap Indah mau membantunya untuk dapat kembali dekat dengan Arie. Indah menyetujui dan mencoba untuk mendekatkan kembali Dini dengan Arie.

            Demi persahabatan mereka, Indah rela untuk mencari informasi dari Arie untuk diberitahu kepada Dini. Karena inilah, Indah dan Arie yang dahulunya hanya teman biasa menjadi dekat. Dan tanpa disadari, Arie pun mulai merasakan perasaaan yang berbeda apabila ia dekat dengan Indah. Rasa cinta pun muncul di antara mereka. Indah yang sudah mempunyai pacar, tetap berusaha menjaga hatinya agar tidak tergoda dengan pesona Arie. Skandal pun terjadi di antara mereka.

            Untuk tetap mewujukan keinginan Dini, Indah dan Arie pun membuat sebuah sandiwara yang mereka mainkan sendiri. Indah meminta Arie agar membuka hatinya kembali untuk Dini. Indah selalu berusaha agar Dini dan Arie dapat dekat kembali. Segala usaha telah Indah lakukan, termasuk menyuruh Arie untuk menyatakan cintanya kepada Dini, walaupun itu hanya sebuah kebohongan, demi membuat Dini merasa bahagia. Namun, cinta tidak bisa dipaksakan dan dikehendaki.

            Sampai pada suatu hari, ketika hari ulang tahun Indah datang, Arie datang ke rumah Indah dengan membawa kue dan kado. Tidak hanya itu, Arie juga mengungkapkan perasaannya kepada Indah. Hal ini sama sekali tidak diketahui oleh Dini. Barulah setelah beberapa hari kemudian, Dini mendapat kabar dari temannya, Rani, tentang semua hal yang telah diperbuat oleh Indah dan Arie. Dini pun sangat terpuruk dan merasa kecewa, sembari tidak menyangka ini semua akan terjadi.

            Persahabatan Dini dan Indah pun menjadi goyah dan membuat mereka seperti orang yang depresi. Dini sangat terpukul dengan kejadian ini, hingga membuatnya merasa trauma untuk memulai kisah cinta yang baru lagi. Arie dan Indah sangat menyesali akan perbuatannya yang mempermainkan perasaan Dini. Pada akhirnya, perlahan Dini sudah mulai bisa menerima semuanya dan memaafkan kesalahan Indah dan Arie. Kejadian ini juga membuat mereka bertiga menjadi sahabat yang selalu bersama dan berbagi suka maupun duka. 

 

Skenario Film Pendek

3 Sahabat, kok jatuh Cinta?

oleh Yulia Evani Soldina

00. ESTABLISH SHOT

Scene ini menggambarkan keseharian mahasiswa yang sedang berada di kampus, kegiatan belajar, berkumpul dengan teman-teman, dan kisah-kisah romantika mahasiswa. Di sini juga ditampilkan cast atau pemeran-pemeran dalam film ini, sekaligus pemunculan judul “Inilah Kita”.

Fade out

Fade in

  1. CAFÉ KAMPUS – SIANG

Cast : Dini dan Indah

Dini dan Indah adalah dua orang sahabat yang selalu bersama-sama saat berada di kampus. Mereka selalu berbagi setiap hal-hal yang menyengangkan ataupun mengganjal dalam hati masing-masing. Kepribadian mereka yang hampir memiliki kesamaan lah yang membuat mereka merasa cocok untuk berteman dengan baik.

(pagi, sekitar jam 09.00, terjadilah percakapan antara Dini dan Indah yang membicarakan tentang perasaan Dini kepada Arie, setelah sebelumnya ia pernah menolak Arie untuk menjadi pacarnya)

DINI

“Ndah, lo tw kan kalau dulu si Arie itu pernah naksir dan nyatain perasaannya ke gw?”

INDAH

“Iya Din, gw tw kok. Emangnya kenapa? Lo nyesel ya nolak dia?”

DINI

“Hmm, entah lah Ndah. Gw juga nggak ngerti apa yang gw rasain sekarang ini. Gw rasa iya deh. Lu mau bantuin gw nggak Ndah?”

INDAH

“Bantuin apa Din? Lo mau gw comblangin sama si Arie tu?”

 

Baca Juga  Contoh Naskah Drama singkat 4 Orang Tentang Tolong Menolong

DINI

“Iya Ndah.”

INDAH

“Sebagai seorang sahabat yang baik hati dan tidak sombong, gw mau-mau aja sih bantuin lo. Tapi, gw kurang dekat juga sih sama dia.”

DINI

“Ayo lah Ndah, lo kan mudah bergaul, mudah dekat sama orang, apalagi kalau sama cowok, kalah deh gw.”

INDAH

“Ya udah deh, demi lo dan si buah hati gw akan coba bantuin.”

DINI

“Nah, gitu dong. Lo emang sahabat gw yang paling berbakti.”

INDAH

“Siapa dulu dong, Indah…”

Kemudian mereka berdua pun saling berpelukan menunjukkan rasa terima kasih, dan kemudian pergi meninggalkan café.

Cut To

  1. TAMAN KAMPUS – SIANG

Cast : Arie dan Indah

Arie biasa duduk bersantai di taman, Indah melihat sekeliling taman, mencari keberadaan Arie untuk mencoba mendekatkannya dengan Dini.

INDAH

“Mana tu orang ya? Biasanya rajin banget bertapa di sekitar sini.”

(sambil melihat sekeliling taman)

“Nah, tu dia orangnya baru nongol”

(berjalan menyampiri Arie)

“Hai  Arie”

ARIE

“Hay, ngapain lo? Tumben banget nyari gw, pasti ada maunya.”

INDAH

“Idih, PD gila lo. Tapi iya benar sih.”

ARIE

“Ada apaan ya?”

 

INDAH

“Gini loh, ini tentang Dini.”

ARIE

“Dini? Kenapa dia?”

INDAH

“Gw udah tahu kok, kalau lo dulu pernah nembak Dini tapi ditolak.”

ARIE

“Iya, trus?”

INDAH

“Perasaan lo ke dia gimana sekarang?”

ARIE

“Kalau sekarang sih udah biasa aja. Gw nganggap dia, ya sama seperti teman yang lainnya.”

INDAH

“Oh gitu ya?”

ARIE

“Emangnya kenapa sih? Lo introgasi gw dari tadi.”

INDAH

“Gini loh, sekarang Dini tu udah mulai timbul perasaannya ke lo. Dia tu baru sadar kalau lo tu punya pesona yang lain.”

ARIE

“Oh, jadi maksudnya lo mau comblangin gw sama Dini?”

INDAH

“Iya, semacam itu lah.”

ARIE

“Gw pikir, nggak apa-apa juga kalau dicoba, mana tahu perasaan gw ke dia bisa muncul lagi”

INDAH

“Jadi lo setuju?”

ARIE

“Iya, kenapa nggak? Gw kan juga lagi jomblo.”

INDAH

“Mantap. Oke deh. Makasih ya Rie. Gw cabut dulu, udah sore nih.”

ARIE

“Iya, sama-sama. Hati-hati ya.”

 

INDAH

“Sip deh.”

Indah pun pergi meninggalkan Arie, setelah mencoba berbicara dengan Arie tentang rencananya untuk mendekatkannya dengan Dini.

Cut To

  1. KAMAR INDAH – MALAM

Cast : Indah, Arie

Handphone Indah berdering, sebuah nomor dengan nama kontak “Arie” memanggil, Indah langsung menjawab panggilan dari Arie.

INDAH

“Halo Rie.”

ARIE

“Halo Ndah.”

INDAH

“Ada apa ya Rie? Tumben banget lo nelpon gw?”

ARIE

“Iya Ndah, gw ganggu gak?”

INDAH

“Nggak kok. Kenapa?”

ARIE

“Tentang yang tadi itu loh, Dini.”

INDAH

“Iya, kenapa emangnya?”

ARIE

“Gw nggak tahu harus mulai dari mana.”

INDAH

“Lo pendekatan dulu lah.”

ARIE
“Iya, gw ngerti. Tapi masa’ tiba-tiba setelah lama nggak dekat sama dia, gw muncul lagi?”

INDAH

“Nggak apa-apa dong. Dia pasti ngerti juga.”

ARIE
“Yakin lo Ndah?”

 

Baca Juga  Contoh Sinopsis yang benar (Skenario/Novel)

INDAH

“Yakin dong. Semangat donk!”

ARIE

“Iya deh. Ngomong-ngomong, lo lagi ngapain nih? Udah makan?”

INDAH

“Lagi nyantai aja nih, udah dong, lo gimana?”

ARIE

“Gw udah juga. Udah dulu ya Ndah. Gw mau bikin tugas nih. Malam, nice dream ya.”

INDAH

“Sip, me too.”

Pembicaraan mereka di handphone pun selesai.

Fade Out

Fade In

  1. RUMAH INDAH – SIANG

Cast : Arie, Indah

Montage :

Sekian hari berlalu, Indah dan Arie pun menjadi dekat karena sering berkomunikasi dengan dalih untuk membicarakan tentang Dini.

Tanpa disadari, Arie pun merasa memiliki perasaan yang berbeda kepada Indah.

Bertepatan dengan hari ulang tahun Indah, Arie datang ke rumahnya dengan membawa kue dan kado, serta mengungkapkan perasaan yang sebenarnya ia rasakan kepada Indah.

 Arie datang dengan membawa kue dan kado untuk memberikan surprise dan mengungkapkan perasaannya kepada Indah

ARIE

(mengetuk pintu rumah Indah)

“Assalammu’alaikum.”

INDAH

(membuka pintu dan kaget)

“Wa’alaikummussalam, Arie?”

ARIE

(menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Indah)

“Happy Birthday ya Ndah.”

INDAH

“Hah, iya Rie.”

(meniup lilin)

ARIE

“Gw do’ain lo semoga semakin dewsa dalam menghadapi kehidupan ya Ndah.”

INDAH

“Iya Rie. Gw nggak nyangka lo bakal bikin surprise gini buat gw.”

(senang)

ARIE

“Iya Ndah, ini juga karena perasaan gw ke lo.”

INDAH

“Perasaan Rie? Perasaan apaan?”

ARIE

“Iya Ndah, gw juga nggak ngerti kenapa perasaan ini muncul. Gw ngerasa senang aja kalau gw lagi di dekat lo.”

INDAH

“Gila lo Rie. Lo tahu kan, gw udah punya cowok.”

ARIE

“Gw nggak peduli Ndah, perasaan gw udah terlanjur sayang sama lo.”

INDAH

“Nggak Rie, gw nggak bisa. Apalagi kalau Dini sampai tahu, dia pasti kecewa berat sama gw. Gw juga nggak mau persahabatan gw rusak sama Dini.”

ARIE

“Trus, mau gimana lagi sekarang Ndah?”

INDAH

“Sekarang kalau lo emang benar sayang sama gw, lupain gw dan hubungan kita hanya sebatas sahabat. Lo temui Dini, lo bilang lo sayang sama dia.”

ARIE

“Oke Ndah, kalau emang itu yang bisa gw lakuin buat nunjukin rasa sayang gw ke lo. Gw akan lakuin. Gw akan dekatin Dini, semua demi lo Ndah.”

INDAH

“Iya.”

ARIE

“Ya udah, gw pulang dulu. Malam Ndah.”

INDAH

“Malam”

Arie pun pulang dengan membawa sebuah sandiwara yang akan ia lakukan kepada Dini.

Cut To

  1. TAMAN KAMPUS – PAGI

Cast : Arie, Dini,

Keesokan harinya, Arie mengajak Dini bertemu di taman kampus untuk membicarakan yang telah ia janjikan kepada Indah.

ARIE

“Din, gw mau ngomongin hal yang penting banget sama lo. Ini tentang perasaan gw yang sebenarnya ke lo.”

DINI

“Iya, kenapa ya Rie?”

ARIE

“Din, gw sayang sama lo. Lo masih mau nggak jadi pacar gw?”

DINI

(kaget)

“Hah, lo beneran Rie?”

ARIE

“Iya Din, gw serius.”

DINI

“Gimana ya Rie, gw sebenarnya juga punya rasa ke lo, tapi gw ragu aja buat ngejalanin hubungan sama lo.”

ARIE

“Loh, emangnya kenapa? Bukannya lo yang minta tolong dicomblangin sama Indah?”

DINI

“Iya Rie. Tapi, kalau menurut gw, kita dekatan aja dulu kali ya. Biar kita benar-benar bisa serius menjalani hubungan ini.”

ARIE

“Ya udah deh, kalau emang itu keputusan lo. Gw bakal tunggu sampai lo siap.”

DINI

“Iya Rie. Hmm, gw balik duluan ya.”

ARIE

“Mau gw antar?”

DINI

“Nggak usah. Gw bisa sendiri kok. Bye Rie.”

ARIE

“Bye.”

Dini pun pergi meninggalkan Arie.

  1. KAMAR DINI

Narasi                          : Setelah Dini mendengar pengakuan dari Arie, dia langsung bercerita kepada sahabatnya yang lain, Rani. Dimana Rani ini telah mengetahui bahwa semua yang dilakukan Arie hanyalah sebuah sandiwara yang ia buat dengan Indah.

Rani datang ke rumah Dini untuk menceritakan apa yang sebenarnya telah terjadi.

DINI

“Hah? Lo beneran Ran?”

(kaget)

RANI

“Bener. Gw Cuma pengen ngingatin lo, biar nggak terjebak terlalu dalam pada kisah ini.”

DINI

“Lo tah dari mana?”

RANI

“Indah yang cerita semuanya ke gw. Dia juga yang bilang tentang Arie tiba-tiba nembak lo. Semua itu hanya kebohongan mereka Din.”

DINI

“Ya Allah, gw benar-benar nggak nyangka Ran. Sahabat gw sendiri yang ngelakuin ini ke gw. Apa salah gw Ran?”

(sambil menangisi yang telah terjadi)

RANI

“Sabar, sabar Din. Pasti ada hikmah di balik ini semua. Setidaknya lo sekarang tahu bagaimana mereka itu sebenarnya.”

DINI

“Iya Ran, tapi gw benar-benar nggak habis fikir.”

(tiba-tiba Indah datang ke rumah Dini)

INDAH

“Din, gw mau ceritain semuanya.”

DINI

“Udah Ndah, gw udah tw semuanya, nggak ada yang harus dijelasin lagi.

Gw udah tahu semua kebohongan yang lo dan Arie buat.”

 

Baca Juga  Contoh Naskah Film Pendek durasi 30 menit

 

INDAH

“Din, gw benar-benar nggak nyangka bakal seperti ini kejadiannya. Terserah lo mau hukum gw apapun. Gw bakal lakukan, asal lo mau maafin gw.”

DINI

“Gw nggak mw ngelakuin apa-apa Ndah, gimana pun lo tetap sahabat gw.”

INDAH

“Nggak Din, hukum gw. Gw pantas dapatinnya.”

RANI

“Sudahlah teman, nggak usah kita terlalu berlarut. Cobalah untuk jadikan ini pelajaran ke depannya. Jangan ulangi lagi kesalahan yang sama.”

INDAH

“Iya Ran, gw benar-benar nyesal atas apa yang udah gw lakuin.”

DINI

“Gw mohon sama lo Ndah, jangan ulangi lagi semua ini. Cukup ini yang pertama dan terakhir.”

INDAH

“Iya Din, gw janji sama lo.”

Mereka bertiga pun berpelukan sembari terdengar isak tangis dari ketiganya.

 

  1. CAFÉ PUSAT PERBELANJAAN – SIANG

Narasi                          : Arie pun juga menyesali yang telah ia lakukan, kemudian ia mengajak Dini dan Indah bertemu untuk membicarakan skandal yang terjadi pada mereka.

ARIE

“Din, gw benar-benar minta maaf atas apa yang gw lakuin sama lo, atas kebohongan yang udah gw buat. Gw benar-benar nyesal Din.”

DINI

“Iya Rie, gw mohon sama lo, jangan lakukan lagi hal yang seperti ini, baik ke gw maupun ke wanita-wanita lainnya.”

ARIE

“Gw janji, gw janji Din.”

INDAH

“Gw juga, semua ini adalah salah gw, semua ini ide gw yang nyuruh Arie buat dekatin lo Din. Gw benar-benar nyesal.”

DINI

“Udah lah, nggak ada yang perlu kita salah-salahkan lagi. Ini pelajaran buat kita semua. Karena, setiap apa yang kita inginkan tidak selalu sesuai dengan kenyataan yang terjadi.”

ARIE

“Lo bener Ndah. Mulai dari sekarang, kita adalah sahabat.”

INDAH

“Iya, sahabat yang selalu ada di saat suka dan duka.”

DINI

“Sahabat yang nggak akan berbohong lagi.”

Mereka bertiga pun tertawa.

 

Closing Scene

Narator / OS : Pada akhirnya, mereka bertiga pun menjalin sebuah hubungan yang disebut dengan “sahabat”. Sahabat yang akan selalu setia mengisi hati dan hari. Yang selalu menciptakan rasa damai dan meninggalkan sejuta memori saat bersama.

 

Demikian artikel tentang contoh skenario film pendek persahabatan, semoga bermanfaat.

Silahkan jika kamu mau buat tugas atau film, copas saja tidak masalah.

Jika kamu masih kebingungan tentang contoh skenario film pendek persahabatan, silahkan tanyakan pada saya, tentang teknis menulis skenario, misalnya. Chat aja lewat Whatsapp saya. (Pojok Kanan Bawah)

Jefar Seorang Penulis Imajinasi
WhatsApp chat