9 Tips Menjadi Penulis Novel yang Hebat

KelasQu - Novel adalah salah satu jenis buku yang banyak disukai. Hal itu tentu seiring dengan berjalannya waktu novel itu mempunyai banyak jenisnya. Di mana sejak dulu hingga sekarang ini novel itu sendiri mempunyai banyak sekali penggemarnya. Dan tampaknya di sini penggemar novel itu tak hanya disukai oleh para kalangan orang dewasa saja. Namun rupanya di sini novel itu juga banyak disukai oleh para kalangan orang muda.

Rupanya di sini biasanya ketika seorang itu suka membaca novel. Kemungkinan orang tersebut lama-lama orang itu tentu saja merasa tertarik untuk bisa menulis novel. Namun rupanya belum banyak yang tahu dan juga paham bagaimana tips dan juga cara untuk bisa menjadi penulis novel yang hebat.Di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda Penasaran kan? Yuk kita baca dan juga simak bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Mulai banyak membaca

Membaca adalah salah satu jenis kunci utama jika seorang merasa tertarik dan juga berkeinginan untuk bisa menjadi penulis. Karena dengan menulis kita bisa mendapatkan aneka macam jenis ilmu dan juga pengetahuan. Tampaknya di sini tak hanya bisa menambah pengetahuan saja namun di sini dengan membaca kita juga bisa mengetahui dan memahami bagaimana bentuk dan juga sistem tulisan yang ada pada buku yang kita baca. Termasuk juga di dalam novel yang kita baca.

2. Menentukan tema

Di dalam sebuah tulisan kita tahu bahwa ada banyak sekali jenis tema yang bisa memuat dan membahas maksud dari tulisan yang akan kita tulis. Maka dari itu sebelum kita memutuskan untuk membuat novel kita harus menentukan tema apa yang bisa kita buat. Maka dari itu tentukan tema terlebih dulu.

3. Menentukan tokoh dan juga karakter

Dalam suatu karya sastra tentu saja ada tokoh - tokoh yang berperan di dalam sastra itu. Maka dari itu sebelum kita membuat novel kita harus menentukan terlebih dulu berapa orang dan karakter apa yang ada dalam tokoh-tokoh tersebut.

4. Menentukan plot alur atau jalan cerita

Dalam suatu cerita tentu kita juga harus menentukan alur atau bagaimana proses jalannya cerita. Maka dari itu kita harus mencari dan menentukan. Apakah novel itu harus harus menggunakan alur maju atau bisa juga alur mundur. Dengan begitu kita bisa membuat cerita itu bisa menjadi lebih hidup.

5. Menentukan latar

Selain itu dalam suatu karya sastra kita juga perlu untuk menentukan latar. Adapun latar ini bisa berupa: waktu, tempat, suasana, sosial, alat. Maka dari itu sebelum membuat novel kita perlu menyiapkan jenis-jenis latar itu.

6. Menentukan sudut pandang

Unsur lain yang ada suatu novel yang perlu untuk diperhatikan juga adalah sudut pandang. Di mana kita tahu bahwa dalam sastra sudut pandang itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis sudut pandang di sini adalah Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Utama, Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Sampingan, Sudut Pandang Orang Ketiga Pengamat, dan juga Sudut Pandang Orang Ketiga Serba Tahu. Maka sebelum kita membuat novel kita harus menentukan 4 jenis sudut pandang itu dalam novel yang akan kita tulis.

7. Menentukan gaya bahasa

Selain itu di dalam novel kita juga ada gaya bahasa. Di mana kita tahu bahwa gaya bahasa itu sendiri memiliki beberapa jenis. Adapun di sini gaya bahasa itu seperti: formal, non formal, dan juga gaul. Hal itu tentu bisa tentukan dari kepada siapakah kita menulis novel itu? Apakah untuk anak muda atau untuk orang dewasa. Nah jika novel yang kita tulis untuk anak muda mungkin kita menulisnya dengan bahasa gaul. Namun jika novel yang kita tulis itu untuk orang dewasa. Kita bisa menulis dengan bahasa formal.

8. Amanat

Setiap karya sastra itu tentu terdapat pesan yang ingin disampaikan. Terlebih juga di sini pada novel yang akan kita tulis.

9. Mulailah menulis

Jika kita sudah mengetahui dan juga paham tentang apa saja unsur-unsur yang ada dalam novel. Maka dari itu jika anda ingin menjadi penulis. Mulailah untuk menulis apapun ide yang ada di kepala. Dan jika ingin menulis jangan pernah merasa takut untuk salah dan juga mencoba hal-hal yang baru.

Nah itulah tadi beberapa tips dan juga cara yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian terkhusus untuk anda semua yang mengaku menjadi penggemar dunia novel dan berkeinginan untuk menulis dan menerbitkan novel sendiri. Semoga informasi yang kami bagikan tadi semakin menginspirasi dan juga membantu anda menulis dan juga menerbitkan novel sendiri.

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Menjadi Penulis Novel yang Hebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel