Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Kejujuran

Dalam postingan kali ini, saya akan membagikan naskah drama 4 orang tentang kejujuran semoga bisa menjadi referensi Anda yang membutuhkan.

Baiklah, inilah...

naskah drama 4 orang tentang kejujuran

naskah drama 4 orang tentang kejujuran

Teks Drama Bertemakan kejujuran!

KEJUJURAN MEMBAWA KEBAIKAN

Di kisahkan ada 4 sahabat karib yang sedang berbincang-bincang di teras sekolah. Dalam perbincangan tersebut, tercetuslah sebuah rencana untuk pergi ke Alfamart bersama-sama sepulang sekolah untuk membeli bahan-bahan praktek membuat kue di sekolahnya.

Farekha            : “ Hari ini masih hari jum’at, yahhhhh masih lama ya hari minggunya .... “
Dewi                : “ Emangnya hari minggu kamu mau ngapain, kha? “ ( memandang Farekha )
Baitik               : “ iya nih Farekha, emangnya kamu mau ngapain sih ? “ ( memandang Farekha )
Diah                 : “ Mungkin dia mau pergi “
Farekha            : “ Nggak kok, aku Cuma mau bersih-bersih rumah, kan hari libur ... “
DDB                : “ Ohhhhhh gitu yaaaa “ ( Serempakan )
Dewi                : “ Oh ya, hari senin kan ada tugas kewirausahaan, teman-teman “
Diah                 : “ masak sih “ ( mengerutkan dahi )
Baitik               : “ Oh iya iya ada tugas praktik. Hampir aja lupa “
Farekha           : “ Begini saja, hari minggu kita pergi ke Alfamart untuk beli bahan-bahannya, gimana? “
Dewi               : “ Kamu kan hari minggu mau bersih-bersih “ ( memandang Farekha )
Farekha            :  “ Gampang, nanti aku ijin sama ibu “
Baitik               : “ Iya benar ijin ibumu aja dulu, pasti boleh, kan buat tugas sekolah “
Diah                 : “ Iya ibunya pasti ngijinin, setuju ? “
DBF                 : “ SETUJU !! “ ( serempakan )
            Pada hari Minggu, 4 siswa tersebut berkumpul dan bergegas ke Alfamart.
Sesampainya di Alfamart ....

Farekha            : “ Barang yang di perlukan apa saja ? “
Dewi                  : “ Kita kan mau buat kue, jadi kita perlu tepung terigu, selai, telur, margarin, apa lagi yaaaa ... “
Baitik               : “ ada lagi, gula, pengembang roti, panili, susu dll “
Diah                 : “ Ayo cepat, cari bahannya nanti kelamaan disini lagi ... “
            Setelah proses pembagian tugas selesai,  mereka berpencar untuk mencari bahan-bahan yang di inginkan sesuai dengan daftar belanja yang mereka susun sebelumnya.  Setelah di rasa sudah selesai, mereka kumpul di tempat yang sebelumnya mereka sepakati.

Dewi                : “ Bahannya sudah komplit semua ? “
Baitik               : “ Kayaknya sudah “
Diah                 : “ Sudah sudah, sudah komplit. “
Farekha            : “ Ya sudah, ayo ke kasir .... “
Setelah sampai di tempat kasir, mereka menaruh barang-barang tersebut di atas meja kasir untuk di total. Setelah itu, mereka keluar dari Alfamart dengan menenteng beberapa kantong plastik hitam di tangan.

Baitik               : “ Totalnya berapa yaa ... “
Dewi                : “ Rp 75.000,00 “
Baitik               : “ Kok sepertinya murah sekali, padahal kan barang yang kita beli banyak sekali “
Diah                 : “ Coba lihat struknya “
                        “ Wah, ternyata tepung terigunya belum di hitung, gimana nih ? “
Farekha            : “ Biarkan saja, toh yang salah kasirnya.. masak kita kembali lagi kesana “
Dewi                : “ Iya Kha, tapi kan kita nggak boleh begitu. Kembali aja yuk, daripada kita dosa. mungkin kasirnya salah .. “
Farekha            : “ Ya sudah, ayo kita kesana lagi “
Selang kemudian, mereka sampai di Alfamart dan masuk lagi menemui kasir yang tadi melayani mereka.
Diah                 : “ Mbak, maaf ini ada kesalahan. Tepung terigunya belum di hitung “
Kasir                : “ Oh iya, maaf dek, mungkin tadi saya lagi ngantuk, jadi kelewat ... “
DBF                 : “ OH iya Mbak, tidak apa-apa “
Kasir                : “ Kalian kok jujur sih dek, jaman sekarang jarang lho ada orang yang  jujur “
DDBF              : “ Kejujuran itu kan penting mbak “
Kasir                : “ Iya dek, kalian benar “
Dewi                : “ Ya sudah mbak, kami permisi mau pulang, “ , “ wassalamu’alaikum “ ( serempak )
Kasir                : “ Wa’alaikum salam warahmatullah.. hati-hati di jalan dek ya terima kasih .. “
DDBF              : “ Iya mbak, sama-sama “


Demikianlah sekelumit drama yang dapat kami tampilkan. Kejujuran itu perlu di tegakkan, perlu di lestarikan dan perlu di tanamkan sejak dini agar menjadi akar yang kuat dalam tindak tanduk manusia terutama remaja jaman sekarang. Kejujuran itu tak dapat di bandingkan dengan uang dinar, uang dirham ataupun mata uang internasional sekalipun. Apabila seorang manusia tidak memiliki sifat jujur, dia akan sulit di percaya orang lain, dapat menghancurkan tali silaturrahim antar sesama muslim dan hidupnya akan senantiasa sepi dan gundah. Dalam hadist Rasulullah berkata :

“ Abdullah bin mas’ud berkata : bersabda Rasulullah SAW : Kalian harus jujur karena sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan dan kebaikan itu menunjukkan kepada jannah. Seseorang senantiasa jujur dan berusaha untuk jujur sehingga di tulis disisi Allah SWT sebagai Orang yang  jujur. Dan jauhilah oleh kalian dusta karena sesungguhnya dusta itu menunjukkan kepada keburukan dan keburukan itu menunjukkan kepada neraka. Seseorang senantiasa berdusta dan berusaha untuk berdusta sehingga ditulis disisi Allah SWT sebagai seorang pendusta . “ ( H.R. Muslim ) shohih muslim hadist no. 6586. Wallahu’alam bishowab.

Demikian artikel tentang naskah drama 4 orang tentang kejujuran semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Kejujuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel