Sejarah Berdirinya Google



Pencipta Google
Bermula dari dua nama yakni Larry Page dan Sergey Brin --  keduanya mahasiswa Stanford University -- yang mengerjakan proyek mereka mulai tahun 1996. Proyek tersebut adalah mesin pencari yakni BackRub yang dioperasikan melalui jaringan server kampus mereka.

Tahun 1997, digantilah nama BackRub menjadi Googol. Kata itulah yang merupakan cikal-bakal Google. Jadi, mengapa dinamai Google, ya karena asal katanya Googol. Ada investor yang ingin mendanai proyek mereka namun salah dalam menulis dalam cek. Harusnya ditulis "Googol" ditulis "Google". Cek tersebut tidak bisa dicairkan bila tidak diambil oleh perusahaan yang bernama Google. Akhirnya mereka membentuk perusahaan demi mencairkan cek tersebut.

Kata Googol sendiri diciptakan Milton Sirota, keponakan Edward Kasner, ahli matematika Amerika Serikat. Kasner menyebut Googol sebagai istilah penyebutan angka nol (0) sampai 100 angka di belakang angka 1. Ini adalah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Melebihi nilai triliun sekalipun. Bahkan di alam semesta ini jumlah senilai Googol sangat besar. 

Nama "Google" diilhami dari nama Googol. Merupakan sesuatu yang sangat besar. Google sebagai perusahaan merupakan badan usaha yang mengelola sesuatu yang besar, luas, dan tak terbatas.Page dan Brin menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. 

Misi Google
Pernyataan misinya  yakni "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil" Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Berdirinya Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel