Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit

Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit - Kami akan sampaikan disini Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit lengkap sekali sehingga anda bisa mendapatkan Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit dini selengkapnya dan tentunya ini akan bisa menjadi Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit untuk pertunjukan anda dan tentunya Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit ini akan bisa menjadi salah satu prestasi anda disaat anda melakukan Drama dengan teman-teman anda dipentas. Ini adalah salah satu Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit terbaik yang bisa kami posting dan bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna sekali karena Cerita Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit ini sangat menyentuh hati, kocak dan sangat menyenangkan sekali saat dipentaskan dengan teman-teman nantinya.

Untuk itu dapatkan Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit ini disini yang kami berikan lengkap sehingga bisa menjadi pertunjukan yang sangat bagus sekali, dan anda akan mendapatkan nilai bagus untuk Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit ini, lengkap sekali Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit ini dan pastinya kamu semua akan puas dengan Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit tersebut, dan untuk untuk itu langsung dapatkan Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit dibawah ini yang sobat semua.

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PRODUKSI  SIARAN
SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA “MMTC” YOGYAKARTA
APRIL 2012
Sinopsis
Tika, anak tunggal dari pasangan pak Haikal dan juga bu Rifda. Kedua orang tuanya merupakan seorang pekerja keras, bahkan bisa dibilang sibuk dengan pekerjaan yang dijalankan. Pak Haikal yang seorang kontraktor selalu disibukkan dengan proyek-proyek besarnya, yang mengharuskan dirinya jarang berada di rumah. Sedangkan ibu Rifda, seorang wanita karir, yang bekerja pada dunia industri pertelevisian swasta nasional, yang mengharuskan dirinya bekerja hampir paruh waktu. Hal ini menjadikan keharmonisan keluarga orang tua Tika menjadi terabaikan. Tika yang notabene seorang gadis SMA yang lembut sifatnya, lebih sering menghabiskan waktunya di dalam kamar dan juga bermain dengan teman. Ia merasa tidak mendapatkan perhatian penuh dari ke dua orang tuanya. Hingga suatu waktu,Tika meminta kedua orang tuanya untuk sedikit meluangkan waktu untuk dirinya. Namun, niat baiknya ini tidak mendapat umpan balik yang positif dari ayahnya, ayahnya merasa apa yang dilakukan selama tidak berada di rumah tersebut semata-mata untuk keluarga dan untuk sang anak. Sang ayah pun marah dan mencoba menceraikan istrinya, hal ini malah semakin menambah kesedihan Tika. Ia pun sering melampiaskan kesendiriannya dengan jarang pulang ke rumah, dan lebih suka bermain di rumah temannya, Sari.
Namun, alasan yang digunakan ayah Tika untuk menceraikan ibunya ternyata hanya tipu daya ayahnya, karena selama tidak berada di rumah, ayah Tika juga mempunyai wanita simpan. Misteri ini terungkap kala Tika hendak bermain di rumah Sari, dan ayah Tika juga berada di sana bersama mamanya Sari, tante Nana. Tante Nana sendiri juga jarang di rumah, karena berprofesi sebagai wanita kantor, yang selalu pulang malam, sementara suami tante Nana sudah tiada sejak tiga tahun yang lalu karena sakit jantung.
Rumah tangga orang tua Tikapun hancur, dengan bercerainya papa Haikal dengan mama Rifda. Tante Nana pun meminta maaf pada mama Rifda dan Tika, walau tidak mendapat maaf dari mama Rifda. Tetapi, Tika tetap masih menjadi teman dari Sari. Menurut Tika, biarlah kedua orang tua mereka yang menjalani dan mereka pula yang menanggungnya, namun pertemanan tak boleh terputus.

TREATMENT
THE RADIO PRODUCTION
ACARADRAMA
JUDULTIKA NURMALA
FORMATDRAMA RADIO
DURASI15 menit
PENULIS NASKAHBAGUS SETIAWAN


NO
DISKRIPSI
AUDIO
1
ISI POKOK ADEGAN
  Tika dan Sari merupakan teman satu kelas di SMA. Sari juga merupakan tempat bermain sekaligus belajar. Tika lebih sering menghabiskan waktunya di rumah teman-temannya, termasuk di rumahnya Sari.

Tokoh    : Tika, dan Sari
Lokasi    : Rumah ibu Sari
Waktu    : Sore hari, sehabis pulang sekolah
Suasana : Santai, dengan penuh kegalauan Tika akan keadaan dirinya yang kurang mendapat perhatian dari orang tua.
2
ISI POKOK ADEGAN
  Tika berkesah keluh pada ibunya, karena jarang di rumah. Dan berharap kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Tokoh : Tika, dan ibu Rifda
Lokasi : rumah ibu Rifda
Waktu : malam hari, sehabis ibu Rifda pulang bekerja, sekitar pukul 9 pm
Suasana : mengharukan, Tika yang kurang mendapat kasih dan saying secara ruhani, di lain pihak ibu Rifda harus bekerja.
3
ISI POKOK ADEGAN
  Pada malamhari, mama Rifda menelpon suaminya, papa Haikal untuk menenyakan kesanggupannya pulang pada keesokan harinya, untuk mengajak jalan-jalan putri satu-satunya, Tika.

Tokoh  : papa Haikal, dan mama Rifda
Lokasi  : rumah mama Rifda
Waktu  : malam hari menjelang tidur, sekitar jam 10 malam
Suasana  : sedikit was-was.
4
ISI POKOK ADEGAN
  papa Haikal menolak ajakan anaknya untuk jalan-jalan, namun mama Rifda yang mencoba membujuk suaminya justru memancing kemarahan papa Haikal, sehingga papa Haikal naik darah dan mencoba mengajukan thalak pada mama Rifda.

Tokoh  : Tika, papa Haikal, dan mama Rifda
Lokasi  : depan rumah Tika, dan dalam ruang tamu
Waktu  : pagi hari
Suasana  : menegangkan.
5
ISI POKOK ADEGAN
  Dua minggu setelah kejadian yang menyebabkan mama Rifda ditalak, pada Haikal didapati sedang berada di rumah Sari. Tika kebetulan sehabis pulang sekolah dan hendak bermain di rumah Sari mendapati papanya sedang bermesraan di depan rumah. Mereka sempat beragumen, dan informasi ini menyebar sampai di telinga mama Rifda.

Tokoh  : Tika, Sari, papa Haikal, dan tante Nana
Lokasi  : jalan dekat rumah Sari, dan depan rumah Sari
Waktu  : menjelan sore hari sekitarpukul 2 siang
Suasana  : tegang dan mengharukan bagi Tika
6
ISI POKOK ADEGAN
  Mama Rifda hidup sendiri bersama putri satu-satunya, Tika, dengan penuh perhatian dan kasih sayang, meskipun telah diringgalkan mantan suaminya. Tante Nana meminta maaf pada mama Rifda. Tika pun masih berteman dengan Sari. Menurut Tika, biarlah kedua orang tua mereka yang menjalani dan mereka pula yang menanggungnya, namun pertemanan tak boleh terputus.

Tokoh : mamaRifda, dan tante Nana
Lokasi : rumah mama Rifda (live by phone)
Wantu : pagi hari
Suasana : mengharukan saat tante Nana menelpon mama Rifda
















FULL SCRIPT
THE RADIO PRODUCTION
ACARADRAMA
JUDULTIKA NURMALA
FORMATDRAMA RADIO
DURASI15 menit
PENULIS NASKAHBAGUS SETIAWAN


NO
DISKRIPSI
AUDIO
1
OPERATOR
ID’S STATION
ID’S PROGRAM
MUSIC FOR BACKSOUND – FADE IN
2
NARATOR
 
Bagus production mempersembahkan sebuah drama radio berjudul “TIKA NURMALA” selamat mendengarkan.
3
OPERATOR
FADE OUT – FADE IN TO BAKCSOUND MUSIC SANTAI
4
PENCERITA
Dikisahkan suatu hari seorang anak bernama Tika sedang bermain dengan temannya karena ia merasa kesepian setiapkali di rumah karena keseibukan dari ke dua orang tuanya.
5
TIKA
Sari, kalo main di rumahmu enak ya [Ngiri]
6
SARI
Emangnya kenapa ?
7
TIKA
Iya, kalo di rumahmu itu rame, ada ibu kamu
8
SARI
Memangnya rumahmu sepi ?
9
TIKA
Nggak juga sih, tapi papa mama pada jarang di rumah. Ibu aku, paling datang malem, trus pagi-pagi banget sudah pergi lagi.
Apa lagi ayahku, jarang pulang, paling seminggu sekali, itupun hanya mampir saja, huhh, gimana sih, rumah sendiri ko cuma mampir [Kesal]
10
SARI
Jangan begitu sama orang tua Tik, kualatYang namanya orang tua bekerja itu pasti buat anaknya, kamu [menegaskan]
Jadi kamu ga boleh berprasangka buruk dengan kedua orang tua kamu [menasihati]
11
TIKA
Iya aku ngerti, tapi kalo begini terus ceritanya, aku tuh ga ada yang ngurus Aku sendirian, kesepian [sedih]
12
SARI
Kamu ini gimana sih, udah besar kan harusnya bisa mengurus diri sendiri. Kamu nggak sendirian ko Tik, kan ada temen-temen kamu, aku juga di sini yang selalu menemani kamu.
Kamu masih ada aku, temen terbaik kamu [memberi semangat]
13
TIKA
Iya Sar, makasih [senang] Tapi kapan ya, mama papa bisa kumpul bareng di rumah, bercanda dan tertawa..
Aku merindukan masa-masa dulu [Kangen]
14
SARI
Aku yakin suatu saat nanti, mama papa kamu akan kumpul bareng dalam suasana yang harmonis, seperti yang kamu inginkan.
15
OPERATOR
FADE OUT – FADE IN TO SE MALAM HARI
16
TIKA
Ma, kapan kita bisa berkumpul bersama lagi sama papa ?
17
MAMA RIFDA
Besok sayang, kalo kerjaan mama udah selesai. [mengelak]
18
TIKA
Iya, tapi kapan ma ? Dari kemaren mama bilangnya besok terus. Kemarin bilang besok, sekarang bilang besok,, apa besok mama mau bilang besok lagi ? [bingung]
19
MAMA RIFDA
Sari, mama tuh lagi ada kerja, nanti kalo sudah selesai, mama bakal ngajak Sari pergi jalan jalan. Kita jalan-jalan ke pantai, Tika senangkan kalo ke pantai ? [merayu]
20
TIKA
Tika nggak pengen pergi yang harus jauh Ma, yang harus menghabisin uang banyak, tapi Tika tuh butuh perhatian dari Mama, dari papa [pelan] Tapi apa. Mama sama papa tuh jarang banget di rumah, sibuk dengan kerjaan masing-masing, hanya meninggalkan Tika seorang diri di rumah [sedih]
21
MAMA RIFDA
Kamu ini kenapa Tika ? [sedih]
22
TIKA
Mama itu yang kenapa ? [menangis] Apa lagi papa. Seminggu paling Cuma pulang sekali, itupun sebentar. [mengadu]
Mama sudah gak sayang lagi sama Tika [pergi ke kamar]
23
MAMA RIFDA
Tika, Tika, kamu mau kemana sayang ? Dengerin penjelasan mama dulu.. [mencoba member penjelasan]
24
OPERATOR
SE : PINTU YANG DITUTUP KERAS
25
TIKA
Nggak, mama sudah nggak sayang Tika, papa juga [dari dalam kamar]
26
MAMA RIFDA
Ya sudah, mama besok mau ijin tidak masuk kerja, kebetulan papa juga pulang besok.. Kalo kamu tidak keberatan, bisa ikut jalan bareng…gimana Tika ? [merayu]
27
OPERATOR
FADE OUT – FADE IN TO BACKSOUND MUSIC CERIA
28
PENCERITA
Melihat anaknya yang mendapat kasih sayang dari orang tuanya, terutama papanya. Mama Rifda mencoba mengajak Tika untuk berjalan-jalan dengan papa dan keluarganya.
29
OPERATOR
SE [MENEKAN TOMBOL NOMOR TELEPON]
30
MAMA RIFDA
Halo, pa gimana kabarnya? Besok pulangkan ? [panik]
31
PAPA HAIKAL
Iya ma, papa pulang Ada apa toh ma, ko begitu ?
Mama sakit ?
32
MAMA RIFDA
Ini pa, Tika kangen sama ke dua orang tuanya! Rencananya mama mau ngajakin Tika jalan besok, sama papanya sekalian?
Gimana, papa ada waktu kan ?
33
PAPA HAIKAL
Mama besok ga kerja ? Papa usahain deh ma, masalahnya ini papa capek banget!
Sekarang Tika di mana ?
34
MAMA RIFDA
Tika sudah tidur pa ! Sepertinya dia sangat merindukan papanya ! [meyakinkan]
35
PAPA HAIKAL
Ia ma, papa ngerti, tapi sekarang papa lagi ada proyek besar dan gak bisa papa ninggalin gitu aja. [mengeluh] Ya sudah, papa lagi capek nih, besok saja ya ma [mencoba menghindar]
36
MAMA RIFDA
Mama juga ngerti pa, mama juga sibuk di kerjaan. [membela diri] Lagian tika juga pengen ngeliat mama sama papanya tuh ada bareng di depan meja makan waktu sarapan pagi!
37
PAPA HAIKAL
Tika nggak merindukan mamanya ? [membalikkan pertanyaan]
38
MAMA RIFDA
Nggak begitu pa ? Tapi kita semua ! [menegaskan]
39
PAPA HAIKAL
Ma, urusan Tika itu kamu, papa tu Cuma ngasih apa yang Tika butuhkan secara materi [menegaskan]
40
MAMA RIFDA
Ko begitu sih pa ? [bingung dan sedih]
41
PAPA HAIKAL
Ya sudah besok saja ma, papa capek [mencari alasan]
42
OPERATOR
SE MENUTUP TELEPON
43
MAMA RIFDA
Pa…papa.. [panik]
44
OPERATOR
FADE OUT – FADE IN TO BACKSOUND MUSIC SEDIH
45
OPERATOR
SE – PAGI HARI DENGAN BURUNG YANG BERKICAU
46
OPERATOR
SE – KOKOK AYAM DI PAGI HARI MOBIL DATANG, MOBIL BERHENTI, MEMBUKA DAN MENUTUP PINTU MOBIL
47
PAPA HAIKAL
Mama, papa pulang [capek]
48
OPERATOR
SE – MEMBUKA PINTU RUMAH
49
MAMA RIFDA
Papa [senang]
50
PAPA HAIKAL
Papa capek nih ?
51
MAMA RIFDA
Mau disiapin air hangat pa ?
52
PAPA HAIKAL
Iya ma Tika sudah bangun ?
53
MAMA RIFDA
Sudah pa, tuh lagi nonton tv di ruang tamu [senang]
54
OPERATOR
SE – LANGKAH KAKI MASUK RUMAH
55
PAPA HAIKAL
Tika ! [gembira]
56
TIKA
Papa,, Tika kangen papa.. [gembira]
57
PAPA HAIKAL
Iya sayang, papa ngerti [sangat akrab]
58
TIKA
Papa kemana aja ? Papa kalo kerja jangan lama-lama, tika kesepian di rumah [sedih]
59
PAPA HAIKAL
Papa kan kerja.. Tika kan bisa main sama temen-temen di sekolah ? [member alas an]
60
TIKA
Tapi, Tika juga pengen jalan bareng sama papa dan mama Tika ngiri sama temen-temen Tika yang bisa jalan bareng orang tuanya [mengeluh]
Pa, ntar kita jalan ke pantai kan? Tika udah lama nih ga ke pantai bareng..[berharap]
61
PAPA HAIKAL
Papa capek saying [member alasan] Kalo besok gimana ?
62
TIKA
Hmmm.. Papa gimana sih, besok lagi besok lagi [kecewa]
Kemaren bilangnya besok, sekarang besok juga, maunya kapan sih pa ? [kesal]
63
MAMA RIFDA
Iya pa, mama juga sudah ijin ga masuk kerja sehari ini.. [kecewa]
64
PAPA HAIKAL
Ma… Papa tuh capek, lagian mama juga sih jarang di rumah! [kesal]
65
MAMA RIFDA
Ko papa nyalahin mama ? [kecewa] Tika tu anak kita pa, anak kita berdua jadi tanggung jawabnya ya kita berdua.. [mengeluh]
66
TIKA
Ma…[takut bercampur sedih]
67
MAMA RIFDA
Ga apa sayan [menguatkan] Ayolah pa, sisain waktu sebentar buat jalan bareng anak kita, kasihan dia.. [berharap namun tegas]
68
PAPA HAIKAL
Mama ini gimana sih, udah tahu suaminya capek malah disuruh jalan, apa mama mau papa nanti sakit [mengelak]
69
MAMA RIFDA
Ya nggak begitu pa ! [kesal]
70
PAPA HAIKAL
Ah sudah papa capek [marah]
71
TIKA
Sar, nanti aku main ke rumahmu ya ?
72
SARI
Boleh, nanti sekalian ngerjain tugas yang dikasih bu heni ya..
73
TIKA
Siip lah [senang]
74
OPERATOR
SMASH TEGANG FADE IN TO BACKSOUND TEGANG
75
PENCERITA
Sesampainya di depan rumah Sari, keduanya terkejut tatkala mendapati papa Tika sedang asik berduaan dengan ibunya Sari, tante Nana.
76
TIKA
Pa, papa ngaain di sini ? [kaget]
77
PAPA HAIKAL
Eh, kamu ngapain di sini ? [panik dan kaget]
78
TIKA
Papa sendiri ngapain di sini berduaan sama tante Nana ? Papa ngapain pa ? [menangis]
79
PAPA HAIKAL
Saya pergi dulu sayang ! [tergesa-gesa]
80
TANTE NANA
Mas mas ! [panik]
81
PAPA
Papa, papa mau kemana ? [menangis]
82
TANTE NANA
Maafin mama nak ?
83
SARI
Mama ngapain ? [bingung]
84
PENCERITA
Semenjak kejadian di depan rumah tante Nana. Semua telah terbeberkan dimuka umum. Mama Rifda sudah mengetahui semua perubahan yang terjadi pada suaminya. Kini semuanya telah terjadi. Mama Rifda hanya tinggal berdua bersama putrinya, Tika Nurmala, anak kesayangannya. Sedangkan suaminya, papa Haikal telah mempunyai suami baru, yaitu mamanya Sari, tante Nana. Mungkin ini apa yang dicari oleh papa Haikal seorang istri yang lebih muda dan cantik. Pertemanan di antara kedua teman sebaya, Tika dan Sari pun masih berjalan, tidak ada yang menghalangi, meskipun ayah yang dulu pernah mengayomi Tika kini telah beralih tempat di Sari, temannya sendiri. Mereka tidak begitu memperdulikan semua yang tengah melanda. Satu hal yang pasti, persahabatan adalah kesetiaan, bukan masalah orang lain yang meghadang, karena kita yang menjalaninya.
85
OPERATOR
MUSIK CLOSINGMUSIK SEDIH BACKSOUND
CREDIT TITLE
86
OPERATOR
ID’S PROGRAMID’S STATION

Saat ini anda sudah membaca tentang Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit yang kami berikan diatas, semoga bisa menjadi info bermanfaat ya, dan jangan lupa baca selengkapnya disini untuk Kumpulan Naskah Drama yang lainnya juga.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Drama radio durasi 15 menit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel