Sejarah Bali dari Masa Prasejarah Hingga Kemerdekaan

Tulisan tentang sejarah Bali pertama kali berasal dari naturalis bernama Georg Eberhard Rumpf, pada tahun 1705 yang dimuat dalam bukunya Amboinsche Reteitkamer

Tahun 1906 

W.O.J. Nieuwenkamp yang mengunjungi Bali pada tahun 1906 sebagai seorang pelukis. Dia mengadak

an perjalanan menjelajahi Bali. Dan memberikan beberapa catatan antara lain tentang nekara Pejeng, Trunyan, dan Pura Bukit Penulisan. 


Tahun 1932 K.C Cruc melanjutkan penelitian tentang Nekara Pejeng. Dia menemukan 
tiga bagian cetakan nekara Pejeng di Pura Desa Manuaba, Tegallalang.Tahun 1954 terbit buku berjudul Sarcopagus on Bali ditulis Dr. H.A.R. van Heekeren

Tahun 1963 ahli prasejarah putra Indonesia Drs. R.P. Soejono melakukan penggalian ini dilaksanakan secara berkelanjutan yaitu tahun 1973, 1974, 1984, 1985. Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap benda-benda temuan yang berasal dari tepi pantai Teluk Gilimanuk diduga bahwa lokasi Situs Gilimanuk merupakan sebuah perkampungan nelayan dari zaman perundagian di Bali. Di tempat ini sekarang berdiri sebuah museum.
Mengingat banyak hal yang ingin diupload mengenai Sejarah Bali, saya membaginya dalam beberapa unggahan. Unggahan yang saya maksud adalah berdasarkan periodisasi sejarah Bali. Silakan buka link di bawah. 

Secara garis besar, sejarah Bali terbagi menjadi beberapa periode: 

4. Zaman Belanda sampai dengan kemerdekaan (klik di sini)


Belum ada Komentar untuk "Sejarah Bali dari Masa Prasejarah Hingga Kemerdekaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel