Asal-usul Hello Kitty dan Profilnya

Siapa tak kenal Hello Kitty, karakter kucing berwarna putih, tidak memiliki mulut yang disukai anak-anak dan para perempuan? Bagaimana asal-usul dan sejarahnya? Siapa keluarga dan pacarnya? 

Hello Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974 oleh Perusahaan Sanrio. Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976. Di Jepang, penggemar berat dan kolektor Hello Kitty disebut Kitty-ra. Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty menembus pasar lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Karakter Hello Kitty sudah merupakan subkultur yang mewakili budaya Jepang. 

Barang-barang berlabel Hello Kitty mencakup alat tulis, makanan hingga komputer pribadi dan sepeda, dengan pengecualian untuk sake dan rokok yang tidak akan pernah dibuat. Perusahaan hanya mengizinkan Hello Kitty ditampilkan dalam produk minuman beralkohol ringan (soft liquor) dan alat perlengkapan merokok (pemantik api dan pipa rokok). Produk anggur Hello Kitty (Kitty Wine) dan pemantik api Zippo dijual pada peringatan ulang tahun ke-30 Hello Kitty pada tahun 2004. Setiap tahunnya, Hello Kitty juga tampil dalam produk anggur Beaujolais-Villages Nouveau yang diimpor khusus untuk konsumsi dalam negeri Jepang

Hello Kitty mempunyai produk eksklusif yang dijual dalam jumlah terbatas, mulai dari perhiasan emas berlian dan patung Kitty dari berlian hingga gitar elektrik Fender dan mobil (Mitsubishi Princess Kitty). Di Jepang juga dipasarkan robot yang dipanggil Hello KittyROBO.

Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.

Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan "Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian hari.

Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.

Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.

Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.

Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi. 

Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.

Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.

PROFIL HELLO KITTY


Nama lengkap: Kitty White
Tanggal lahir: 5 july 1996 (bintang: cancer)
Golongan darah: A (Negatif)
Tempat lahir: Pinggir kota London
Tinggi badan: Lima buah apel yang disusun ke atas
Berat: Tiga buah apel yang mengkilat
Pintar dalam: membuat orang senang
Makanan kesukaan: Kue pie apel buatan Mama (alias mum atau Mary)
Kata kesukaan: "Persahabatan"
Koleksi: Benda-benda kecil yang lucu seperti permen, bintang, ikan mas, dan lain-lainMata pelajaran kesukaan: bahasa Inggris, musik, seni visual dan makan kue pie
Ciri-ciri: Anak kucing yang riang dan berhati baik. Sangat akrab dengan saudara kembar yang bernama Mimmy.


DESAINER

Shimizu Ikuko (generasi pertama, 1974-1976)
Yonekubo Setsuko (generasi kedua, 1976-1980)
Yamaguchi Yūko (generasi ketiga, 1980-sekarang)


KELUARGA

White adalah nama keluarga.
Mimmy White: saudara kembar perempuan, letak pita di sebelah kiri (di kuping sebelah kanan)
George White: papa, pekerjaan: pegawai perusahaan dagang
Mary White: mama, pekerjaan: ibu rumah tangga (mantan pianis), hobi: membuat kue
Anthony White: opa, hobi: melukis (data baru ditambah pada tahun 1979)
Margaret White: oma, hobi: membuat bordiran (data baru ditambah pada tahun 1979)

PACAR

Daniel Star: pacar Kitty (data tahun 1993)
Daniel dan Kitty saling mencintai sejak keduanya masih bayi, tapi Kitty harus berpisah dengan Daniel yang pindah ke PretoriaAfrika Selatan mengikuti ayahnya yang berprofesi sebagai kamerawan. Daniel kemudian bertemu kembali dengan Kitty (menurut data tahun 1999).
Tanggal lahir Daniel: 3 Mei 1974 (seumur dengan Kitty).
Karakter Daniel Star juga dikenal sebagai Dear Daniel. Nama Daniel kabarnya diilhami karakter Daniel dalam film Melody yang dibintangi Mark Lester.

TEMAN
Sherly: anak perempuan (kucing kecil) paling manis di sekolah
Joey: anak laki-laki tikus yang paling top di sekolah
Fifi: anak perempuan domba yang cerewet
Jodie: anak perempuan anjing yang bercita-cita jadi peneliti
Tim & Tammy: kakak-beradik monyet
Tracy: anak laki-laki luak yang disenangi semua orang
Tippy: anak laki-laki beruang yang baik hati
Thomas: anak laki-laki beruang
Cathy: anak perempuan kelinci yang ramah
Rory: tupai
Mory: tikus mondok
Tiny Chum: anak laki-laki Teddy Bear (menurut tambahan data tahun 1983).


PIARAAN

Charmmy Kitty: kucing Persia hadiah dari papa (tambahan data tahun 2004)
Honey Cute: adik Charmmy (tambahan data tahun 2005)
Sugar: hamster hadiah dari boyfriend Daniel (tambahan data tahun 2004)

disalin dari wikipedia

Belum ada Komentar untuk "Asal-usul Hello Kitty dan Profilnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel