Aesop

 
Aesopus moralisatus, 1485 

Aesop terkenal dengan fabelnya, cerita pendek yang memberi pelajaran tentang kehidupan.Banyak Fabel Aesop menokohkan binatang yang dapat berbicara dan bertingkah laku seperti manusia.

Dikenal sebagai pendongeng, banyak yang mengira bahwa cerita-cerita anak itu karya Aesop sendiri.Padahal, Aesop yang mengumpulkan dongeng dari masa sebelumnya.Persis yang dilakukan Brothers Grimm.Bedanya Aesop tidak menuliskannya, tapi hanya menceritakannya secara lisan.

Upaya pendokumentasian dongeng Aesop dilakukan pada tahun 300 Sebelum Masehi.Salah satunya adalah Socrates, yang menggubahnya menjadi sajak.Di samping, Socrates banyak filsuf dan pemikir berikutnya yang mendokumentasikannya.Pada 25 SM, kumpulan fabel Aesop diterjemahkan ke dalam bahasa Latin.Lalu, tahun 230 Masehi diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan lainnya.Dimana terdapat beberapa penambahan cerita dari kebudayaan Arab dan lainnya.
Tidak banyak yang diketahui tentang Aesop.Diperkirakan dia lahir di Asia tahun 620 SM dan menjadi budak seorang Yunani yang kaya, Aesop mengarang dongeng dan menceritakannya untuk menghibur orang.Fabel-fabelnya kemudian ditulis dan dikumpulkan sekitar tahun 300 SM. Fabel Aesop yang terkenal di antaranya "Rubah dan Anggur" dan "Serigala berbulu Domba.


sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Aesop        
http://www.dbiografi.com/2013/12/biografi-aesop-pendongeng-yang-terkenal-dengan-cerita-fabel.html






























Belum ada Komentar untuk "Aesop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel