Sejarah Natal Tanggal 25 Desember


Kapan Yesus Lahir? Benarkah Tanggal 25 Desember yang kini diperingati seluruh dunia sebagai hari Natal? Ternyata tidak. Bagaimana sejarah Natal jatuh pada 25 Desember? 

Menurut penjelasan di dalam Catholic Encyclopedia edisi 1911, yang berjudul Christmas”, ditemukan kata-kata yang berbunyi sebagai berikut :

“Christmas was not among the earliest festivals of church, the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan custom centering around the January calends gravitated to christmas. “

“Natal bukanlah upacara gereja yang pertama, Ia berasal dari Mesir. Perayaan yang diselenggarakan oleh kaum pagan di sekitar bulan Januari ini, kemudian dijadikan hari kelahiran Yesus.”

Jadi Yesus tidak lahir tanggal 25 Desember. Tanggal tersebut musim dingin padahal Yesus tidak lahir di musim dingin.

Kapan Yesus dilahirkan sebagai seorang bayi di Betlehem? Sebagaimana saya kutip dari tulisan Pnt Mariano M, menurut Alkitab ada pada Lukas 2 : 8, di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Gembala-gembala dalam ayat ini mendapat anugrah yang luar biasa, karena menurut Lukas, mereka mendapat pesan khusus dari seorang malaikat, menyaksikan sejumlah besar bala tentara sorga memuji Allah dan pengujung pertama dari kelahiran Yesus Kristus dalam palungan di Betlehem.
Dalam Lukas 2:8 dikatakan bahwa mereka menjaga kawanan ternak pada waktu malam. Inilah petunjuk penting
tersebut, yaitu :
1. pada waktu malam’, dari potongan kalimat ini kita tahu bahwa Yesus dilahirkan malam
hari.
 2. gembala-gembala tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam’, dari potongan kalimat yang sedikit lebih panjang ini (perhatikan kata yang digaris bawah) kita tahu bahwa Yesus lahir sebagai manusia bukan pada bulan Desember di musim salju, tetapi pada musim panas, yaitu pada bulan 15 Maret sampai 15 Oktober, paling lambat tanggal 15 November (ini musim yang ada di Israel), yaitu waktu di mana para Gembala biasanya menggembalakan ternak di waktu malam di padang.

Lalu sebenarnya bulan apa? Kita hanya bisa memberikan rentang waktu dari pertengahan Maret sampai pertengahan Oktober, dan lahir pada waktu malam hari. 

Mulai Peringatan Natal
Menurut  wikipedia,  catatan pertama peringatan hari Natal adalah tahun 336 Sesudah Masehi  pada kalender Romawi Kuno  yaitu pada 25 Desember. Perayaan ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh perayaan orang kafir (bukan Kristen) pada saat itu. Sebagai bagian dari perayaan tersebut, masyarakat menyiapkan  makanan khusus, menghiasi rumah mereka dengan daun-daunan hijau, menyanyi bersama dan tukar-menukar hadiah. Kebiasaan-kebiasaan itu lama-kelamaan menjadi bagian dari perayaan Natal.

Pada akhir tahun 300-an Masehi, Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi.
Pada tahun 1100 Natal telah menjadi perayaan keagamaan terpenting di Eropa, di banyak negara-negara di  Eropa dengan Santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi. Hari Natal semakin tenar hingga masa Reformasi, gerakan keagamaan di tahun 1500-an yang melahirkan agama Protestan.

Pada masa Reformasi, banyak orang Kristen yang mulai menyebut Hari Natal sebagai hari raya kafir karena mengikutsertakan kebiasaan tanpa dasar keagamaan yang sah. Pada tahun 1600-an, karena adanya perasaan tidak enak itu, Natal dilarang di Inggris dan banyak koloni Inggris di Amerika. Namun, masyarakat tetap meneruskan kebiasaan tukar-menukar kado dan tak lama kemudian kembali kepada kebiasaan semula.

Pada tahun 1800-an, ada dua kebiasaan baru yang dilakukan pada hari Natal, yaitu menghias pohon Natal  dan mengirimkan kartu kepada sanak saudara dan teman-teman. Di Amerika Serikat, Santa Claus (Sinterklas) menggantikan Santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Natal Tanggal 25 Desember"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel